About Us

INCCA/AKKINDO didirikan 28 Agustus 1998 di Jakarta, sebagai asosiasi nirlaba yang menghimpun para stakeholders dalam industri Meeting, Incentive, Conference, Exhibition (MICE) di Indonesia, antara lain pelaku usaha jasa MICE, balai sidang, hotel dan resort, biro perjalanan wisata, transportasi, ekspedisi, kehumasan, media, dan perusahaan penunjang MICE lainnya seperti penyewaan peralatan, penterjemah, perbankan/ asuransi, impresariat dan lainnya.

Pendirian INCCA tidak terlepas dari situasi pada masa itu ketika Indonesia mengalami krisis multidimensi, sehingga para pengusaha yang berkaitan dengan MICE terpanggil untuk memajukan pariwisata Indonesia, dengan cita-cita menempatkan Indonesia di dalam peta pariwisata dunia dan salah satu tujuan wisata konvensi, sebagaimana dituangkan dalam "Kebulatan Tekad INCCA yang ditandatangani pada 10 September 1998.

Dalam perjalanannya, INCCA mendapat sambutan yang sangat luas dari kalangan dunia usaha, pemeritah maupun masyarakat, bukan hanya nasional maupun daerah tapi juga internasional. Asosiasi ini sudah berdiri di 10 provinsi di Indonesia, sejalan dengan upaya INCCA mempromosikan 10 Destinasi Konvensi Utama Indonesia yaitu: Bali, Jakarta, Batam, Medan, Padang, Makassar, Manado, Yogyakarta, Surabaya dan Bandung.

Saat ini (periode 2007-2012) DPP INCCA dipimpin Bapak Iqbal Alan Abdullah, yang telah memimpin asosiasi ini untuk tiga periode sebagaimana dikehendaki oleh para anggota INCCA. Bersamaan dengan itu, INCCA semakin dirasakan manfaatnya bagi para anggota maupun bagi pengembangan pariwisata di Indonesia.

INCCA telah berhasil mempromosikan pentingnya peran MICE dalam pembangunan umumnya dan pariwisata Indonesia khususnya ke seluruh sektor maupun daerah sehingga memperoleh apresiasi semua pihak; INCCA juga melangkah maju dengan langkah visioner untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM); dan pengembangan kerjasama internasional dalam rangka memperkuat industri MICE Indonesia. Tiga perkembangan ini telah menjadi tonggak penting dalam sejarah perkembangan industri MICE Indonesia.

INCCA juga telah berhasil mengembangkan etika bisnis dengan sasaran terciptanya kebersamaan antaranggota, memberikan perlindungan dari perlakuan yang tidak bijaksana, dan pemeliharaan kemitraan dan rasa saling percaya antaranggota.

VISI dan MISI

Vision Statement:

Menjadi asosiasi yang memampukan anggotanya dan sektor lainnya dalam industri MICE untuk meningkatkan daya saing untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi utama MICE dunia dengan sumber daya manusia dan infrastruktur pendukung yang handal.

Misi:

Sebagai wadah bagi perusahaan yang menjalankan usaha jasa MICE dan usaha lainnya yang berkaitan dengan usaha jasa MICE;
Menjadi badan yang menggalang hubungan kerjasama para anggota secara internal maupun eksternal;
Menjembatani kepentingan anggota dengan pihak lain, khususnya dalam hal-hal yang berhubungan dengan hak dan kewajiban anggota dalam melaksanakan MICE;
Meningkatkan pengetahuan dan mutu pelayanan para anggotanya dalam menjalankan usaha jasa MICE;
Menciptakan dan memperluas lapangan kerja;
Memasyarakatkan kegiatan-kegiatan INCCA/AKKINDO;
Mempromosikan Indonesia sebagai Daerah Tujuan Wisata MICE di dunia internasional;
Membantu negara dalam meningkatkan penerimaan devisa;
Mempersiapkan diri dalam suatu keberhasilan dan ritme yang konstan bagi ajang dan ladang kebersamaan pengusaha MICE dalam mencapai tujuan untuk kepentingan bersama.

Filosofi

Dalam menjalankan roda asosiasi, INCCA selalu berupaya untuk "cepat tanggap, bersahabat, fleksibel, sederhana dan menjawab kebutuhan". INCCA juga meminimalkan birokrasi internal, mendengarkan kebutuhan nyata anggota dan senantiasa tanggap dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan serangan terhadap pasar.

KEANGGOTAAN

Keanggotaan INCCA terbuka bagi berbagai organisasi bisnis atau yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan MICE internasional. INCCA tidak menerima keanggotaan personal. (Lihat formulir keanggotaan)

Kategori Anggota

A - Professional Convention Organizer
B - Convention Center
C - Hotel & Resort
D - Travel Agent
E - Airlines & Alliances
F - Marketing Communication
G - Cargo Expedition/ Freight Forwarder
H - Mass Media/ Publication
I - Other Related Convention Service Company
Impresariat
Transportation Company
Simultaneous Interpretation Services
University/ Academy of Tourism
Theme Park
Spa
Other

Benefit Menjadi Anggota

Menikmati kemudahan kemudahan atas usaha usaha yang dilakukan oleh asosiasi;
Memperoleh perlindungan dan atau pembelaan dari asosiasi;
Pengakuan akreditasi usaha;
Pengakuan kompotensi profesi SDM perusahaan;
Prioritas utama dalam pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh asosiasi;
Memperoleh fasilitas lain seperti tanda anggota, sertivikat, bulletin, informasi, dan lain-lain

PROGRAMME OPPORTUNITIES

1. Education

INCCA memberikan perhatian sangat besar bagi pengembangan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia melalui bisnis pendidikan dan pelatihan. Hal ini ditempuh mengingat kebutuhan jumlah SDM MICE yang sangat besar dewasa ini dan di masa mendatang, serta adanya tantangan bagi peningkatan kualitas SDM MICE menghadapi globalisasi dan kompetisi global.

Pendidikan formal MICE telah dirintis dengan kerjasama INCCA dengan sejumlah institusi pendidikan formal penting di Indonesia, yaitu:
Politeknik Negeri Jakarta (Politeknik UI) untuk program studi MICE D3, D4, S1
Universitas Gajah Mada (UGM) untuk S2

Pendidikan non-formal dengan kerjasama antara INCCA, INCCA INSTITUTE dan Lembaga Sertivikasi Profesi (LSP) MICE, dengan level sertivikat sebagai berikut:
Certified Meeting Planner (CMP)
Certified Conference Manager (CCM)
Certified Conference Professional (CCP)
Certified Master Management of Conference (CMMP)

Selain itu, INCCA menggelar event lain yang berkaitan dengan pengembangan SDM melalui penyelenggaraan diskusi, seminar, workshop, forum dan lainnya.

2. Networking

International networking: menjadi anggota berbagai asosiasi MICE di tingkat internasional maupun regional; aktif mengikuti berbagai pertemuan MICE internasional maupun regional; membuka kerjasama pendidikan dan pelatihan MICE internasional maupun regional;
National Networking: melakukan komunikasi efektif dengan asosiasi pariwisata lainnya melalui pembentukan Forum Hotel, Travel dan Konvensi antara INCCA dengan PHRI dan ASITA. Kerjasama dan kebersamaan yang sama berlangsung juga hingga ke daerah-daerah; komunikasi yang intens juga dilakukan dengan pemerintah dalam rangka mencarikan formula dan implementasi program pengembangan destinasi dan pemasaran MICE khususnya dan pariwisata umumnya.

3. Promotion

INCCA aktif mempromosikan MICE Indonesia melalui berbagai saluran antara lain ikut dalam pameran di luar negeri; memperkenalkan Indonesia melalui kegiatan konferensi di luar negeri; melakukan strategi pemberitaan melalui fungsi press/media relations, termasuk mendorong terbitnya media massa yang khusus menangani isu-isu MICE; menjadi pembicara di berbagai forum MICE internasional maupun regional dan nasional; dan bersama pemerintah aktif melakukan sosialisasi MICE hingga ke berbagai daerah melalui berbagai forum.

Dalam pengembangan promosi ke depan, INCCA menggagas pembentukan tim lintassektor dalam rangka pemenangan sebanyak-banyaknya event MICE internasional ke Indonesia, dan melanjutkan upaya-upaya sosialisasi MICE ke berbagai asosiasi internasional yang ada di Indonesia yang memiliki afiliasi ke asosiasi internasional, termasuk secara kreatif mendorong kreatifitas baru dalam menciptakan event-event MICE inisiatif sesuai dengan kapasitas Indonesia di tingkat internasional, regional maupun nasional.

Adapun tema kampanye yang dibawa adalah: "Ayo Kita Bawa Pertemuan Internasional ke Indonesia!" (Thema kampanye di dalam negeri) dan "Indonesia, The World Meeting/MICE Point" dengan subtema "Kami Telah Pernah Bertemu di Indonesia dan akan Lakukan Pertemuan Berikutnya di Sana" (Thema kampanye di luar negeri) (catatan: dicari kata tepat dalam bahasa Inggris), memperjuangkan insentif khusus bagi pihak-pihak asosiasi/perusahaan yang membawa pertemuan mereka ke Indonesia, termasuk memperjuangkan peningkatan anggaran pemasaran dan promosi khusus MICE.

4. Business

INCCA memberikan masukan bagi anggotanya untuk mengidentifikasi peluang bisnis dan menjalin komunikasi dengan sejumlah client melalui komunikasi antarpengurus dengan anggota, pengembangan database dan statistik, termasuk pengembangan website.

Untuk tujuan bisnis ini, INCCA ke depan akan mengembangkan komunikasi database association/corporate secara online dan pengembangan survei dan penelitian untuk mendukung para anggota maupun industri MICE secara keseluruhan.

Contact Us


HUBUNGI INCCA.

INCCA Secretariat
CIC Building | Jalan Tanah Abang I No. 10D
Jakarta Pusat 10160 Indonesia +6221 3140982
+6221 3140982
Email: info@inccaindonesia.com